GRATIS ONGKIR SEMUA BARANG!! (Kecuali Film dan Game)

Contoh Pendahuluan Makalah Penelitian

Contoh Pendahuluan Terbaik -Kali ini saya akan menjelaskan tentang Pendahuluan dimana pada bagian pendahuluan atau awal pembahasan dikemukakan hal-hal yang berkenaan dengan latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sumber data.  untuk selengkapnya simak penjelasan tentang pendahuluan berikut contoh pendahuluan dibawah ini.

1. Latar Belakang
Pada bagian ini penulis mengemukakan sebab-sebab mengapa masalah yang dipersoalkan perlu diteliti dan ditulis. Misalnya, karena masalah yang dibahas mempunyai arti penting bagi masyarakat.
2. Perumusan Masalah
Perumusan masalah harus sungguh-sungguh jelas. Permasalahan yang akan menjadi pembahasan penelitian diajukan dalam bentuk pertanyaan. Merujuk pada pertanyaan itu penulis melakukan langkah-langkah penelitian dan penelaahan sehingga dapat terjawab dengan tepat.
3. Tujuan Penelitian
Dalam tujuan penelitian atau penulisan dikemukakan usaha-usaha dan hasil-hasil yang telah dicapai secara garis besar. Jika karya ilmiah bertujuan menyampaikan pandangan atau peni¬laian penulis tentang topik yang telah diteliti, tujuan umumnya mengemukakan hipotesis penelitian dan penilaian penulis sesudah penelitian. Adapun tujuan khususnya perlu dikemukakan pertimbangan-pertimbangan yang mendukung penilaian.
4. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian dapat diuraikan secara umum dan khusus. Misalnya, untuk kepentingan praktis, untuk kepentingan bidang keilmuan atau bidang profesi penulis, dan untuk kepen¬tingan kelompok atau instansi.
5. Penentuan Sumber Data
Penentuan sumber data meliputi populasi dan sampel. Populasi di bidang metodologi penelitian berarti sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel penelitian. Adapun sampel berarti contoh, yakni bagian kecil data penelitian yang dianggap dapat mewakili keseluruhan data yang dianalisis untuk memperoleh informasi tentang seluruh data penelitian.
Untuk lebih jelasnya Perhatikan contoh pendahuluan karya tulis ilmiah berikut!

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Candi Tikus merupakan situs kebangaan bangsa Indonesia, baik sebagai objek wisata maupun sarana keagamaan. Candi Borobudur merupakan Candi terbesar kedua setelah Candi Sotel Wat di Mojokerto.
1.2 Perumusan Masalah
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
a.Makna ritual atau keagamaan apakah yang terkandung dalam bangunan Candi Tikus di Mojokerto Jawa Timur?
b.Apa fungsi Candi Tikus  jika dihubungkan dengan ritual atau upacara keagamaan?
c.Bagaimana hubungan makna dan fungsi Candi Tikus dihubungkan dengan ritual atau upacara keagamaan?
1.3 Tujuan Penelitian
Secara terperinci, tujuan dari penelitian dan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut.
a.Untuk memperoleh informasi tentang makna tiap tingkat Candi Tikus.
b.Untuk mengetahui fungsi Candi Tikus dihubungkan dengan ritual atau upacara keagamaan.
1.4 Metode Penelitian
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis mempergunakan metode observasi berupa:
a. Teknik Pengamatan Langsung
Penulis terjun langsung ke lokasi pengamatan, yakni di kompleks wisata Candi Tikus, Majoketo jawa timur
b. Teknik Wawancara
Teknik ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara lengkap mengenai Candi Tikus dari narasumber/ guide.
c. Studi Pustaka
Penulis menelaah sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian dari buku-buku, artikel, atau internet.
1.5 Sumber Data
Untuk memperoleh data dalam suatu penelitian, diperlukan sumber data. Data akan mudah diperoleh apabila ditentukan terlebih dahulu lokasi penelitian. Oleh karena itu, penulis menentukan lokasi penelitian ini di Kompleks wisata Candi Tikus,Mojokerto Jawa Timur.
Sistematika penulisan
Adapun sistematika penulisan karya ilmiah ini adalah sebagai berikut.
Bab I Pendahuluan. Bagian pendahuluan ini meliputi Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Sumber Data, dan Sistematika Penulisan.
Bab II Landasan Teori. Bagian landasan teori meliputi Deskripsi Umum Objek, Teori Penelitian, dan Aplikasi Teori Penelitian dengan Objek Penelitian.
Bab III Pembahasan. Pembahasan meliputi pengolahan data dan analisis data.
Bab IV Simpulan dan Saran. Bagian ini meliputi kesimpulan dari hasil penelitian dan saran-saran untuk penelitian lanjutan.
itulah tadi pejelasan saya tentang pendahuluan dan contohnya, sekian dan terimakasih

sumber : http://makalahpendidikan.blogdetik.com/contoh-pendahuluan-terbaik/


Description: Contoh Pendahuluan Makalah Penelitian Rating: 5 Reviewer: Ben Redfield ItemReviewed: Contoh Pendahuluan Makalah Penelitian